Kompetensi

KOMPETENSI INTI

KI 1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.


KI 2

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Kompetensi Dasar

Indikator

3.4  Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan

 

3.4.1.      Membedakan pengertian perpindahan dan jarak

3.4.2.      Membedakan pengertian kelajuan dan kecepatan

3.4.3.      Merumuskan persamaan kelajuan dan kecepatan rata-rata

3.4.4.      Merumuskan persamaan kelajuan dan kecepatan sesaat

3.4.5.      Merumuskan persamaan percepatan sesaat dan percepatan rata-rata

3.4.6.      Menjelaskan perbedaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan

3.4.7.      Menjelaskan contoh penerapan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan

3.4.8.      Mengerjakan contoh soal tentang kecepatan pada gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan

3.4.9.      Membedakan gerak vertikal dan gerak jatuh bebas

3.4.10.  Menganalisis pemecahan permasalah-an yang disajikan dalam soal cerita mengenai gerak vertikal dan gerak jatuh bebas

4.4 Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus  dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan

4.4.1.      Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus beraturan

4.4.2.      Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus berubah beraturan





















Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat membedakan pengertian perpindahan dan jarak
2. Peserta didik dapat membedakan pengertian kelajuan dan kecepatan
3. Peserta didik dapat merumuskan persamaan kelajuan dan kecepatan rata-rata
4. Peserta didik dapat merumuskan persamaan kelajuan dan kecepatan sesaat
5. Peserta didik merumuskan persamaan percepatan sesaat dan percepatan rata-rata
6. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
7. Peserta didik dapat menjelaskan contoh penerapan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
8. Peserta didik dapat mengerjakan contoh soal tentang kecepatan pada gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
9. Membedakan gerak vertikal dan gerak jatuh bebas
10. Menganalisis pemecahan permasalahan yang disajikan dalam soal cerita mengenai gerak vertikal dan gerak jatuh bebas
11. Peserta didik dapat menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus beraturan
12. Peserta didik dapat menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus berubah beraturan